air terjun telun

Inilah Keindahan Tiada Tara dari Air Terjun Telun Berasap

Kabupaten Kerinci memiliki banyak air terjun. Salah satu yang paling populer adalah air terjun Telun Berasap. Disebut Telun Berasap karena jumlah air yang jatuh menciptakan tetesan air seperti kabut asap. Di Jambi ada air terjun yang menarik perhatian banyak pecinta jalanan karena keindahan dan keunikannya. Air terjun ini disebut Telun Berasap atau masyarakat setempat sering menyebutnya Air Terjun Berasap. Air terjun ini terletak di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Air Terjun Telun Berasap terletak di dusun Letter W, desa Telun Berasap, kecamatan Gunung Tujuh, tidak jauh dari jalan raya Kerinci-Padang dan hanya beberapa langkah dari perbatasan kabupaten Kerinci dan Solok Selatan (Sumatra Barat). Dari kota Sungai Penuh saya melakukan perjalanan selama satu setengah jam dengan sepeda motor.

Air terjun yang indah ini terletak di antara hutan hijau Taman Nasional Kerinci Seblat. Air terjun yang memiliki ketinggian hingga 50 meter ini, menurut warga di sekitarnya, disebut Air Terjun Telun Berasap karena adanya kabut di sekitar air terjun. Kabut ini muncul karena derasnya aliran air yang jatuh dari ketinggian ini dengan laju aliran yang tinggi. Yang istimewa dari air terjun ini adalah bahwa jika sinar matahari hanya menerangi uap air yang mengapung di udara, maka akan muncul cahaya warna-warni seperti pelangi.

Di balik Air Terjun Telun Berasap, ada sebuah gua yang sulit untuk dimasuki. Berat dan banyaknya debit air yang jatuh dari atas dan batu curam di sekitar air terjun membuat tidak ada pengunjung yang bisa memasuki gua. Sebagian besar pengunjung yang datang ke Telun Berasap memilih untuk menikmati pemandangan dari pondok-pondok di sekitar daerah ini. Tetapi bagi Anda yang bersemangat, cobalah naik air terjun untuk mendapatkan pandangan yang berbeda.

Air Terjun Telun Berasap bukanlah air terjun yang memungkinkan Anda melompat dari atas untuk membawa air terjun, karena bagian bawah air terjun tersebut tidak dalam dan berbatu di tepi sungai. Perjalanan dari Kota Jambi ke Kota Sungai Penuh membutuhkan waktu sekitar 10 jam dengan jarak tempuh sekitar 500 km. Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Atau, Anda dapat berangkat dari Kota Padang dengan perjalanan ke Tapan kemudian melanjutkan ke Sungai Penuh. Jarak Sungai Penuh ke Desa Telun Berasap adalah sekitar 60 km.

air terjun telun

Setibanya di lokasi, pintu masuk ke kawasan wisata Air Terjun Telun Berasap dapat dicapai dengan berjalan kaki 300 meter. Di sebelah lokasi air terjun Anda perlu menaiki tangga sejauh 300 meter. Sepanjang jalan Anda melihat pohon-pohon besar yang menurut penduduk setempat berusia ratusan tahun. Anda juga dapat menikmati pemandangan Taman Nasional Kerinci Semblat dari kejauhan.

Deru suara air terjun deras yang berasal dari danau Gunung Tujuh lebih lengkap karena pelangi. Sangat indah, terutama jika Anda datang ke sini pagi-pagi. Pagi kami datang ke sini, semakin besar pelangi diciptakan. Sore pelangi akan menghilang saat matahari terbenam. Pesona Telun Berasap tidak berhenti di situ. Konon ada gua di tebing di belakang air terjun. Tetapi air terjun yang deras itu mencegah siapa pun memasuki gua.

Itulah pembahasan mengenai Air Terjun Berasap Di Jambi. Semoga bermanfaat ya